Senin, 19 Mei 2014

TIPS DAN TRIK SERVIS MOTOR LISTRIK

Anda pasti pernah mendengar tentang apa yang namanya motor listrik. Motor listrik adalah suatu alat yang memanfaatkan adanya medan magnet di sekitar arus listrik. Jadi dengan kata lain motor listrik adalah suatu alat yang memanfaatkan imbas dari suatu penghantar yang berupa kumparan kawat tembaga yg dialiri arus listrik yg menghasilkan medan magnet yg berakibat timbulnya gaya gerak (putar).
Dalam kehidupan sehari-hari penggunaanya dapat dilihat pada kipas angin, pompa air, blender, mesin cuci dll. Motor listrik dapat dikatakan sangat membantu kehidupan manusia. Kalau anda lihat disekitar anda, betapa banyak contoh beraneka macam manfaat dari motor listrik yg dimanfaatkan oleh manusia.
Anda pasti penasaran gimana cara kerja motor listrik? dan bagaimana cara memperbaiki motor listrik?
Seperti yg dikatakan tadi dalam mukadimah, motor listrik baru bekerja bila ada arus listrik yg melewati suatu kumparan. Kalau suatu kumparan putus, maka arus listrik tidak dapat melewati kumparan tersebut, sehingga tidak ada medan magnet yg ditimbulkan.
Bila suatu kumparan putus maka untuk dapat menghasilkan putaran, pada kumparan yg putus tsb haruslah disambung kembali. Lha inilah yg disebut ''WEKEL MOTOR''(orang awam sering menyebut gulung dinamo).

Berikut akan dibeberkan cara memperbaiki suatu motor listrik!!!

Motor listrik tidak berjalan diantaranya disebabkan:
1. Kumparan putus.
2. Beban motor over sehingga motor panas yg menyebabkan gulungan kebakar.
3. Bearing motor rusak / macet, sehingga arus listrik tetap jalan tp tidak menggerakan bagian rotornya.
4. Kabel input powernya putus.
5. Gulungan konslet dengan body.

Sebelum memperbaiki kerusakan pada motor listrik anda harus menganalisa terlebih dulu penyebab kerusakanya, sehingga langkah penanganannya dapat segera dilakukan.
Dalam melakukan suatu tindakan perbaikan, pastikan dulu analisa kerusakannya dengan tepat dan tentukan tindakan apa yg dilakukan selanjutnya, hal ini untuk menghindari salah penanganan ibaratnya ''Jangan sampai sakit kepala yg diamputasi kakinya''.
Motor listrik dibagi menjadi 2 yaitu motor AC dan MOTOR DC.
Kali ini yg kita bahas adalah motor AC.
Motor AC dibagi menjadi 2 yaitu motor listrik 1 phasa dan motor listrik 3 phasa. Dalam kehidupan nyata kebanyakan motor listrik 1 phasa banyak digunakan di kehidupan rumah tangga, sedang motor listrik 3 phasa banyak dipakai di dunia industri. Pada prinsipnya sich antara motor 1 phasa dan 3 phasa adalah sama saja, sehingga perbaikannya antara keduanya adalah sama saja. Sebenarnya yg membedakan adalah cara ''start motornya saja''. Kalau motor 1 phasa start-nya biasanya pakai capasitor, kalau motor 3 phasa start-nya memakai perbedaan derajat phasa antara ketiga input teganganya biasanya dikasih tanda huruf R, S DAN T.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...